MOS? MOPD? Why Not!

Duh udah lama banget kayanya ga buka ataupun nge-blog, sekalinya buka pas awal-awal buat ngerjain tugas. Tapi kali ini mau curhat dikit yaaa boleh laaah :v

--

Apa yang terlintas di kepala kalian mengenai MOS? Pasti bakal ada yg bakal bilang "Kaka kelas galak" "Kegiatan ga bermutu" "Senior selalu benar". Ok, saya bakal bicara mengenai MOS. Banyak yang bilang MOS atau MOPD itu ga penting, tapi sebenernya itu penting banget lhoo buat ngenalin tentang sekolah yang akan siswa tempati untuk belajar. Coba deh kalau ga ada MOS ujug-ujug KBM, pasti lieur da. Tapi yang selama ini kita tahu kebanyakan pelaksanaan MOS itu diluar batas wajar. Ok, saya juga pernah MOS, dan menurut saya kegiatan MOPD di sekolah saya masih dalam batas wajar meskipun ada beberapa yang kurang berkenan dihati, tapi serius deh, itu ngaruh banget buat mental seorang calon peserta didik. Isu yang beredar selama ini mengenai MOS yaitu:

1. Bawa makanan dengan nama aneh kemudian dirampas

Gambar 1. Kegiatan Bakti Sosial dalam rangka kegiatan MOPD salah satu SMA di Karawang (Sumber: Media Sosial)

Saya pernah mengalami MOS, dan pernah membawa makanan dengan nama yang aneh kemudian dikumpulkan kepada Panitia MOS. Awalnya saya berpikir itu hanya akan dinikmati oleh Panitia MOS, tapi setelah liat itu ternyata buat kegiatan Bakti Sosial. Percaya sama saya, makanan yang diambil itu ga murni dikonsumsi oleh Panitia MOS ko meskipun ga banyak Panitia MOS yang tidak berterus terang untuk apa makanan itu dikumpulkan. Foto ini adalah saksi bahwa makanan yang kalian kumpulkan akan bermanfaat untuk yang membutuhkan. Think Positive!

2. Kekerasan fisik dan mental

Yang pernah mengalami MOS pasti pernah dibentak, tapi ga tau sih kalau sampe ke fisik mah, da aku mah ga pernah ngalamin :p Tapi jujur yaa, pengalaman dibentak kaya gitu tuh ngebekas di hati. Kenapa? Karena supaya ga belagu kalau di sekolah, supaya hati-hati kalau mau berkelakuan buruk di sekolah. Seriu itu ngebekas banget. Mereka juga ga akan ngebentak kalau kalian ga bikin kesalahan

3. Memakai atribut dari karton sebagai identitas

Nah ini nih, di sekolah saya sih masih di dalam batas wajar, hanya sekedar bentuk wajah hewan sesuai gugus dan itu pun hanya bertuliskan nama, sekolah asal, dan gugus mana. Tapi yang denger-denger sih katanya sampe ada yang pake topi dari karton sama bola plastik, pake kalung cabe diiket, dll. Kalau itu sih ga tau deh, kan ga ngalamin, tapi kalau kalian ngalamin positive thinking aja, itung-itung kreatifitas tapi masih dalam batas wajar :v

Sebenarnya masih banyak sih yang mau dibahas, tapi nanti kepanjangan. Cuma ada satu nih yang bikin greget, yaitu Per....sa.....mi.

*fyi: di sekolah saya kegiatan MOPD selama 1 minggu disatukan dengan Persami

Pasti kalian biasa aja denger kata Persami, ya, Persami, tapi kalau Persaminya ditemenin tidur sama orang tua? Ada yang pernah ngalamin? Ini bukan saya yang ngalamin, tapi angkatan dibawah saya. Lucu ga sih Persami biar kita mandiri cuma semalem, biar berbaur sama satu sekolah tapi gitu aja masih ditemenin orang tua? Dan itupun orang tua sendiri yang meminta. Entah mental anak jaman sekarang yang manja atau orang tuanya yang (maaf) tidak bisa mendidik anaknya yaa setidaknya agar menjadi mandiri dan kuat diluar sana, lah ini persami doang ditemenin :v

Saya sih hanya berpesan yang mengalami MOS atau nanti siapa tau mengalami MOS, kalau ga mau di-MOS yaudah ga usah datang ke sekolah buat ikut MOS, kalaupun mau mengikuti MOS ya positive thinking ajaa. Kalau mau diperlakukan dengan baik oleh kaka kelas ya kalian jangan buat masalah, minimal 3S (Senyum Sapa Salam) ke kaka kelas, yaa mereka pun ga akan jahat sama kalian kalau kalian ga rese. Mereka juga dengan senang hati akan memperlakukan kalian dengan baik. Dan yang paling penting adalah.......... JANGAN PERNAH SEKALI-KALI BIKIN CERITA ANEH-ANEH TENTANG MOS TERUS DIEKSPOS DIMANAPUN, entah itu di sosial media maupun (kalau berani) di media cetak. Serius, itu bakal ada timbal balik ke kalian, cepat atau lambat.

--

Cukup sekian yang dapat saya tulis. Mohon maaf bila kurang berkenan dihati *ehem (ceritanya formal). Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer