Bab 3. Akses Internet - Satelit TIK

A. Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

     Pada dasarnya, Internet berisikan berbagai macam informasi yang disajikan dalam suatu website. Agar dapat mengakses website tersebut, tentu kita memerlukan browser (perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet). Berikut adalah penjelasan beberapa browser sebagai berikut.

1. Internet Explorer


 Gambar 1.1 Browser Internet Explorer (Sumber: Google Images)

Internet Explorer (IE) merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet Explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini adalah Internet Explorer 8. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukkan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses Internet.

Internet Explorer memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1) Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur  kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer.
2) Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah terinstal secara otomatis
3) Internet Explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.

Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah;
1) Ukuran aplikasi besar, mencapai 80 Mb.
2) Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager, seperti Internet Download Manager (IDM), Flash Got, Free Download Manager, dll.
3) Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.
4) Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozilla firefox.
5) Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

2. Mozilla Firefox


Gambar 1.2 Tampilan Google pada Mozilla Firefox (Sumber: Google Images)

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang telah mencapai versi 3.0.8.

Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah:
1) Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb.
2) Mendukung berbagai jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas maupun gerakan mouse pintas.
3) Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
4) Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer.
5) Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
6) Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
7) Kecepatan akses lebih cepat daripada Internet Explorer.

Mozilla Firefox juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:
1) Tidak terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express.
2) Memakan banyak memori komputer sehingga sering mengganggu proses dari program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozilla Firefox.
3) Harus diinstal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya Internet Explorer yang terinstal dengan sistem operasi Windows.

B. Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)
     Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat website atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Berikut ini beberapa jenis mesin pencari (search engine) yang tersedia di Internet.

1. Google


Gambar 2.1 Search Engine Google (Sumber: Google Images)

Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak digunakan untuk banyak orang. Alamat web site Chrome adalah http://www.google.com untuk layanan bahasa Inggris atau http://www.google.co.id untuk layanan bahasa Indonesia.

2. Altavista


Gambar 2.2 Search Engine Altavista (Sumber: Google Images)

Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesaryang mampu menampilkan informasi dari basis data situs lain. Mesin pencari Altavista dapat diakses pada halaman http://www.altavista.com

3. Excite


Gambar 2.3 Search Engine Excite (Sumber: Google Images)

Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video. Mesin pencari Excite dapat diakses di halaman http://www.excite.com

4. Yahoo


Gambar 2.4 Search Engine Yahoo (Sumber: Google Images)

Mesin pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com untuk layanan bahasa Inggris atau http://www.yahoo.co.id untuk layanan bahasa Indonesia.

5. Scirus


Gambar 2.5 Search Engine Scirus (Sumber: Google Images)

Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencari untuk akurasi maksimal. Scirus memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan unnntuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci, dan kemampuan untuk menyimpan, email, atau melakukan export tulis. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencariann file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX. Alamat situsnya adalah http://www.scirus.com

6. FinQoo


Gambar 2.6 Search Engine FinQoo (Sumber: Google Images)

FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini kedalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang dimilikinya adalah "Quich View" untuk menampilkan hasil pencarian dalam halaman yang sama. Alamat situsnya adalah http://finqoo.com

7. Alltheweb


Gambar 2.7 Search Engine Alltheweb (Sumber: Google Images)

Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi dari situs-situs di Internet. Selain itu, Alltheweb dilengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar video, MP3, dan file FTP. Alamatnya adalah http://alltheweb.com

Komentar

Postingan Populer