Bab 4. Menjelajah Internet - Satelit TIK

A. Memperlancar Browsing



Gambar 1 Informasi yang ada di Internet (Sumber: Google Images)

Terkadang muncul masalah ketika mengakses Internet, misalnya waktu yang relatif lama atau bahkan kegagalan dalam mengakses atau mendownload data. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar pencarian atau akses internet.

1. Hindari Jam Sibuk
    Jangan melakukan browsing pada jam-jam sibuk.

2. Tambahkan Cache Browser
     Ketika mengunjungi suatu situs, Internet Explorer menempatkan kode HTML dan grafik dari situs tersebut pada cache. Cache membantu IE bekerja lebih cepat.

3. Tidak Menampilkan Animasi dan Multimedia
    Animasi mungkin membuat browsing menyenangkan, tetapi memperlambat kerja browser, caranya klik Tools -> Internet Options -> Multimedia -> Hapus tanda cek pada opsi Play animations in web page -> OK.

4. Hentikan Proses Download
    Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman web, klik tombol Stop. Kamu dapat membaca sebagian isi halaman yang sempat ditampilkan.

5. Membuka Jendela Baru
    Selama menunggu proses download, kamu boleh melanjutkan kegiatan browsing yang lain dengan membuka jendela browser yang baru. Caranya tekan Ctrl + N.

6. Gunakan Tombol Klik Kanan Mouse
     Dengan menekan tombol klik kanan mouse pada halaman web, maka akan muncul pop-up menu yang isinya tergantung dari sisi pointer menu.

7. Menyimpan Situs Favorit
    Jika kamu menemukan sebuah situs atau halaman web yang menarik dan berencana untuk mengunjunginya pada suatu waktu, sebaiknya masukkan ke dalam daftar favorit. Caranya klik menu Favorites -> Add to favorites -> OK

8. Offline Browsing
    Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online.

Komentar

Postingan Populer